Tips Mengikuti Job Fair

jobfairAssalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..

Bagaimana kabarnya di akhir pekan ini Bro & Sist sekalian?
Semoga dapat menikmati akhir pekan dengan cara yang bijak yah :)
Okeh menyambung dari postingan sebelumnya, kali ini saya akan memberikan beberapa tips dalam mengikuti acara job fair. Cekibrot . . .

1. Fokus Pada Tujuan
Tentukan niat awal dalam mengikuti acara job fair. Tentukan bidang pekerjaan dan perusahaan apa yang akan diinginkan. Sesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan bagi yang sebelumnya pernah bekerja dapat menyesuaikannya dengan keahlian dan pengalaman kerja. Maksimalkanlah melamar pada bidang pekerjaan atau perusahaan yang dituju, sebelum mencoba untuk melamar pada bidang pekerjaan lainnya.

2. Segera Daftarkan Diri
Kalian dapat datang lebih awal dan langsung mendaftar jika proses pendaftaran job fairdilakukan langsung di tempat acara. Namun, jika proses pendaftaran menggunakan sistem online tidak ada salahnya mendaftar secepatnya, karena di beberapa event job fair biasanya membatasi jumlah pesertanya.

3. Siapkan CV Lengkap
Ini merupakan hal yang terpenting yang harus diperhatikan ketika ingin mengikuti job fair. Selain menyiapkan CV dalam bentuk hardcopy, pastikan juga kalian perlu menyiapkannya dalam softcopy (dalam format .word maupun .pdf) dalamflashdisk. Karena kadangkala dibeberapa event job fair ada perusahaan yang mengharuskan pelamarnya untuk menyiapkan CV dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

4. Berpenampilan Rapi
Dalam event job fair sering kali perusahaan langsung melakukan walk in interview dan perekrutan di tempat bagi kandidat yang dianggap memenuhi kriteria, meski ada juga perusahaan yang melakukan hal itu dikemudian hari. Kalian tak perlu ragu dan khawatir jika mendapatkan kesempatan seperti itu apabila berpenampilan rapi. Secara tidak langsung dengan penampilan yang rapi telah memberi keyakinan kepada perusahaan bahwa kamu telah siap bekerja.

5. Lakukan Riset
Alangkah lebih baiknya sebelum Kamu mengikuti job fair, coba terlebih dahulu melakukan riset terhadap perusahaan yang ikut ambil bagian didalamnya. Kamu dapat mencari informasi perusahaan melalui famplet atau poster acara. Jika mau lebih jelas mengenai profil perusahaan, kalian dapat mencarinya dimesin pencari seperti Google. Dengan mengetahui perusahaan apa saja yang tergabung, kita dapat lebih tepat menentukan bidang pekerjaan apa saja yang diinginkan dalam job fair nanti.

6. Bertanya Selengkap Mungkin
Sering kali pada acara job fair ketika berada di stand-stand perusahaan, pencari kerja hanya menitipkan CV lalu bergegas begitu saja. Padahal masih banyak hal yang dapat kita lakukan. misalnya menanyakan seputar deskripsi pekerjaan lowongan yang dibuka atau lokasi penempatannya.

6. Menghadapi Wawancara Langsung Dengan Penuh Keyakinan
Seringkali beberapa perusahaan melakukan interview/wawancara langsung dengan pencari kerja di event job fair. Ini merupakan kesempatan untuk memberikan keyakinan kepada perusahaan bahwa kita memang pantas untuk bergabung. Tampil percaya diri dengan sedikit senyuman, menjaga kontak mata, intonasi suara yang jelas merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk sukses menghadapi interview kerja.

Okeh demikianlah beberapa tips dan info seputar job fair yang bisa saya berikan.
Kalau ada salah dan kurangnya saya banyak-banyak minta maaf, semoga kita tetap sehat dan sukses selalu, Aamiin :)

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..

Nurilez

About these ads

Komentar ditutup.