Yamaha Scorpio Z Tahun Depan Stop Produksi


yamaha-scorpioBismillah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Bro & Sist sekalian, bagaimana kabarnya pada hari ini? Semoga selalu fit yah, mengingat akhir tahun tinggal beberapa hari lagi. Kabar mengejutkan kali ini datang dari ranah roda dua tanah air. Pabrikan garputala alias Yamaha Indonesia dengan berat hati akan mendiskontiniu motor sport mereka, Scorpio-Z mulai tahun depan. Nah loh..??

Di luncurkan pada tahun 2001, kala itu Yamaha Scorpio (generasi awal tanpa embel-embel Z) langsung menjadi sorotan. Bagaimana tidak, ketika saat itu Honda Tiger dan Suzuki Thunder 250 melanggeng dengan model yang sport touring, Yamaha Scorpio tampil dengan desain yang berbeda.

Mengambil basis mesin dari Yamaha XT250, Scorpio memiliki tarikan yang mantap. Ditambah dengan tongkrongannya yang sudah mengadopsi sistem monocross pada suspensi belakang, makin menambah kesan yang berbeda kala itu.

yamaha_scorpio_z

Sang kalajengking mulai mengalami perombakan lagi pada tahun 2005. Hadir dengan nama Scorpio Z, kali ini terjadi perubahan secara tampilan. Mulai dari lampu depan yang sudah bulat, sein belakang yang sudah terpisah, dan tangki yang sudah tidak kotak lagi.

Pada sektor mesin sendiri, generasi kali ini juga mengalami perubahan. Yang paling mudah dikenali adalah penambahan fitur  AIS (Air Induction System) untuk mengantisipasi EURO II.

yamaha-scorpio-z

Pada tahun 2010, sang kalajengking mengalami lagi perubahan. Kali ini perubahan yang dilakukan oleh garputala sangat siginifikan, mulai dari tampilan body secara keseluruhan, maupun penguatan untuk sistem monocross nya untuk menghindari kesan ‘ambles’ pada generasi sebelumnya.

Namun sayang, ternyata sang kalajengking dengan label Yamaha New Scorpio Z ini kurang dapat menarik minat masyarakat. Terlihat dari penjualannya yang kalah dibanding sang adik, Vixion. Mungkin hal inilah yang membuat petinggi dari Yamaha dengan berat hati memutuskan untuk menyuntik mati Scorpio Z.

yamaha-scorpio-black-gold

Untuk memberikan apresiasi bagi sang kalajengking dan para pencintanya, pabrikan Yamaha mengeluarkan Scorpio limited edition  pada Januari 2014 dan hanya dibuat sebanyak 500 unit dengan warna Black Gold. 

Demikianlah berita dari dunia otomotif kali ini. Semoga dengan didiskontiniunya Scorpio ini, akan memberikan jalan bagi calon penggantinya kelak, yang konon kabarnya menggunakan mesin 250 Cc. Hmm, patut ditunggu nih😀

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s