Sekilas Management Trainee

MT

Bismillah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Hallo semuanya. Berjumpa kembali bersama saya, si blogger labil-tulis yang masih coba untuk konsisten dalam hal menulis ini😀 Memasukin akhir pekan Anda, saya akan coba mengambil topik tentang Management Trainee. Cekibrot…

Well, bagi kalian yang baru lulus dari bangku kuliah dan ingin coba berkarir di perusahaan dengan jenjang karir menjajikan dan menginginkan posisi yang cukup tinggi, maka wajib bagi kalian untuk mengikuti program Management Trainee.

Apa sih Management Trainee itu..??
Management Trainee atau MT adalah salah satu program akselerasi bagi para calon karyawannya yang akan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan bagi sebuah perusahaan. Istilah MT sendiri ada banyak jenisnya, jika di Bank akan kita jumpai istilah ODP / MDP / TCB / PPS atau di perusahaan minyak ada BPS / BPA atau di bidang kemiliteran ada Akmil / Akpol, tapi semua istilah tersebut intinya sama.

Mengapa disebut program akselerasi..??
Karena selama mengikuti program tersebut, kita akan mempelajari tentang semua aspek bisnis dan seluk beluk perusahaan. Jadi jika nanti kita sudah selesai mengikuti program MT dan terjun langsung sebagai pegawai perusahaan, maka grade atau kelas jabatan kita pun akan lebih tinggi dibanding pegawai yang masuk via jalur reguler (tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap income kita, hehe)

Dari tadi sepertinya yang dijabarkan yang baik & positive terus, emang gak ada kurangnya..??
Menurut saya pribadi, program ini sudah hampir sempurna dari segala hal. Hanya saja butuh effort yang ekstra dari kita sendiri. Seperti ketika kita di wajibkan untuk bersedia tidak menikah selama program MT selesai atau tergantung perjanjian awal. Atau bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan, misal daerah-daerah terpencil. Dan jika kita melanggar kesepakatan, maka sudah disediakan sangsi yang akan diberikan kepada kita, dengan nominal yang tidak sedikit (bisa sampai 200 juta loh)

Beberapa point umum akan kita jumpai dalam dunia MT adalah :
1. Syarat administrasi
Biasanya dibutuhkan nilai IPK min. 3 dengan akreditasi min. B dari BAN-PT. Belum lagi jika dibutuhkan sertifikatTOEFL yang masih berlaku dengan nilai yang cukup tinggi.
2. Jumlah Peserta
Mengingat banyaknya peminat akan program ini, maka jangan heran jika untuk satu batch atau gelombang saja yang daftar bisa mencapai ribuan orang.
3. Perihal Tes
Untuk tesnya sendiri, biasanya setelah lolos seleksi administrasi, akan dihadapkan pada tes tulis – psikotes – bahasa inggris, kemudian menyusul Focus Group Discussion atau FGD lalu interview panel (bahkan ada juga perusahaan yang mensyaratkan bagi peserta, untuk membuat presentasi yang temanya sudah ditentukan sebelumnya) lalu biasanya yang terakhir adalah tes kesehatan. Untuk waktu relatif, tergantung kebutuhan perusahaan. Tapi yang pasti, proses seleksinya lebih ketat.
4. Program MT
Setelah kita dinyatakan lolos semua tahapan dan telah menandatangani perjanjian kontrak dengan perusahaan, maka tibalah waktunya untuk masuk kelas. Jangan harap kelas yang akan kita ikuti akan sama dengan saat kita kuliah dulu, karena kelas disini akan menggunakan sistem Drop Out atau DO. Jadi setiap beberapa minggu akan diadakan evaluasi dan siswa yang mendapat nilai yang buruk atau dibawah standard yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka dengan berat hati dipersilahkan untuk berhenti mengikuti program ini.
5. Dunia Kerja
Ketika kita sudah menyelesaikan program yang telah diadakan, maka tibalah saatnya untuk masuk ke dunia kerja profesional. Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa kita akan mendapat grade di atas rata-rata pegawai reguler. Tapi hal ini akan jadi boomerang bagi kita, manakala target yang sudah dibebankan kepada kita tidak dapat terpenuhi.

Beberapa tahun belakangan ini, sudah banyak perusahaan, baik BUMN, swasta asing maupun perusahaan nasional, yang merekrut calon pegawai melalui program MT ini. Bukan tanpa sebab atau sekedar mengikuti trend yang sedang terjadi belakangan, tapi lebih karena kebutuhan perusahaan akan sosok calon pemimpin masa depan, yang memiliki visi dan misi yang sejalan. Tentu hal ini sangat baik bagi regenerasi dan iklim kesehatan di perusahaan tersebut.

Tapi jika kalian benar-benar ingin untuk mengikuti program MT ini, seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, bahwa sudah banyak perusahaan atau oknum nakal yang membuka lowongan untuk posisi MT ini. Jadi tetap berhati-hati dalam memilih perusahaan yang akan kita lamar.

Jadi kesimpulannya adalah, jika kalian memang benar-benar menyukai tantangan, ingin karir yang menjanjikan dan mempunyai semangat belajar yang tinggi, maka program MT ini sangat cocok. Tapi sebaliknya jika kalian adalah orang yang mudah jenuh dan tidak memiliki semangat yang konsisten, maka hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena sudah banyak para peserta program ini menjadi malas ketika dipertengahan dan akhirnya harus DO bahkan ada yang sampai membayar penalty yang jumlahnya tidak sedikit.

Okeh, gitu aja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Akhir kata…

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Nurilez

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s