6 Tips Mencegah Sakit Saat Musim Hujan

hujan

Bismillah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi sahabat infokopas. Memasuki bulan Januari seperti sekarang ini, ketahanan tubuh kita sedang di uji. Kali ini infokopas akan memberikan sedikit tips agar tubuh kita tidak mudah jatuh sakit walaupun musim cenderung tidak bersahabat seperti ini, seperti dikutip dari dari vemale.com.

Musim hujan tiba, udara semakin dingin, hujan tak tentu, banyak orang kehujanan dan sakit. Sudah menjadi kebiasaan bahwa banyak orang mudah sakit saat musim hujan. Ruang tunggu dokter lebih penuh saat musim hujan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, musim hujan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang.

Flu, batuk, pilek, demam, masuk angin, dan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan. Jangan sampai aktivitas dan pekerjaan Anda terganggu. Inilah beberapa tips agar Anda tetap sehat di tengah musim hujan.

Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan

keramas

Sediakan payung sebelum hujan, ini adalah perlindungan yang harus Anda persiapkan. Jika Anda mengendarai sepeda motor, pastikan selalu memakai jaket dan jas hujan saat berkendara di tengah hujan. Air hujan tidak selalu bersih dan mengandung partikel-partikel polusi. Segera mandi dan keramas jika Anda kehujanan, jangan ditunda.

Selalu Cuci Tangan dan Sikat Gigi

cuci tangan

Biasakan mencuci tangan jika Anda baru sampai ke rumah, sebelum makan dan sesudah memakai toilet. Hal ini harus tetap dilakukan saat musim hujan. Memang sih.. pulang ke rumah paling enak langsung selimutan, tapi jangan lupakan kebiasaan cuci tangan setelah sampai rumah agar tidak membawa virus dan bakteri penyebab sakit. Jangan lupa juga untuk sikat gigi sebelum tidur.

Minum Air

minum air

Musim hujan, udara lebih dingin, banyak orang malas minum. Kebiasaan ini akan membuat Anda mudah mengalami dehidrasi. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan Anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter setiap hari. Bisa juga ari diganti minuman hangat.

Sediakan Minuman Hangat

minuman hangat

Tubuh yang sering kedinginan membuat daya tahan menurun. Karena itu, sediakan beberapa bahan untuk membuat minuman hangat. Minuman tersebut membantu menjaga suhu tubuh tetap hangat. Anda bisa membuat teh, atau lemon dan madu, atau jahe hangat, apapun minuman hangat yang Anda suka.

Jaga Asupan Makanan Sehat

makanan sehat

Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Hindari Begadang

begadang

Sebisa mungkin, tidur tepat waktu. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari.

Semoga tips yang kami bagikan dapat membuat Anda selalu sehat di musim hujan.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Komentar ditutup.