4 Tanda Wawancara Kerja Anda Gagal

Wawancara-kerja-Bagi kebanyakan orang yang tengah melamar kerja, proses interview merupakan hal yang paling di tunggu-tunggu. Ribuan orang yang tengah mencari kerja pasti menanti telpon masuk dari HRD untuk panggilan interview. Rasa grogi atau tidak percaya diri biasanya sering dialami oleh para pelamar kerja, apalagi bagi mereka yang pertama kali menghadapi proses wawancara kerja dalam sebuah perusahaan. Namun sebaiknya anda mengurangi perasaan grogi tersebut agar tidak mengganggu terhadap proses wawancara.

Setelah anda melakukan proses wawancara kemungkinan anda akan menunggu dan bertanya-tanya apakah proses wawancara anda telah berjalan dengan lancar atau tidak. Terkadang sebuah perusahaan akan memutuskan untuk menerima pegawai sebelum proses wawancara selesai. Namun biasanya anda tidak akan langsung mendapatkan jawabannya langsung setelah proses wawancara tersebut dilakukan. Untuk mengetahui proses wawancara anda berjalan lancar atau tidak, anda dapat melihat tanda-tanda berikut ini.

Waktu wawancara yang terlalu singkat.
Jika pewawancara hanya memberikan anda waktu yang tidak lebih dari 10 menit maka sudah bisa dipastikan bahwa pewawancara tidak terlalu ingin mengetahui pribadi anda secara lebih lanjut. Hal ini berarti anda tidak terlalu menarik bagi pewawancara. Biasanya proses wawancara ini dilakukan dalam waktu 10 hingga 20 menit bahkan bisa lebih.

Terlalu mendominasi percakapan.
Pada sebuah proses wawancara, porsi bicara pewawancara ini biasanya lebih banyak jika dibandingkan dengan para peserta yang sedang di wawancarai. Namun terkadang dengan semangat yang luar biasa dan rasa antusias yang sangat tinggi sering membuat para peserta terlalu mendominasi percakapan serta mengajukan banyak pertanyaan pada pewawancara. Jika terjadi hal yang demikian maka proses wawancara akan selesai sebelum semua pertanyaan di sampaikan.

Pandangan mata pewawancara tidak terfokus pada anda.
Pada saat proses wawancara berlangsung sebaiknya anda memperhatikan bahasa tubuh pewawancara tersebut. Jika pandangan mata pewawancara tidak fokus terhadap anda atau pandangannya mudah teralihkan oleh orang lain. Bisa jadi hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa pewawancara sudah tidak menginginkan anda untuk melanjutkan proses wawancara ke tahap berikutnya. Jika sudah begitu maka cobalah untuk menawarkan informasi yang lain tentang diri anda.

Sikap yang arogan pada saat melakukan wawancara.
Tanpa anda sadari pada saat melakukan proses wawancara sering kali anda terkesan menyombongkan kemampuan yang ada pada diri anda. Hal tersebut justru akan membuat pewawancara tidak terlalu interest pada anda. Yang harus anda lakukan pada saat melakukan proses wawancara yaitu bersikap dengan sewajarnya dan usahakan untuk selalu rendah hati. Promosikan semua kemampuan yang anda miliki namun jangan terlalu berlebihan agar terlihat lebih natural.

Berikut kemungkinan pertanda wawancara tidak berjalan dengan baik. Proses wawancara ini merupakan proses yang sangat penuh dengan ketidakjelasan, namun juga dapat menjadikan indikasi bagi sukses atau tidaknya proses wawancara anda.

sumber

Komentar ditutup.